Belajar Menulis Dengan Membuat Blog Bersama Dedi Dwitagama

Belajar menulis dengan membuat blog bersama Om Dedi Dwigatama

dedi dwitagama
Hari kedua belajar menulis kali ini dengan pemateri Om Dedi Dwigatama. Beliau adalah seorang guru Matematika di SMKN 50 jakarta, mengajar sejak 1988, mostly di STM (skarang SMK), lebih lengkapnya see https://trainerkita.wordpress.com/about/. Beliau adalah kakak dari Bapak Agus Sampurno yang telah sharing ilmunya pada hari pertama belajar menulis.

Perkenalan awal dari Om Dedi kita sebagai peserta langsung di bombardir dengan pengalaman beliau sebagai penulis dengan di share-nya 14 blog yang di kelola sendiri oleh beliau. Berikut beberapa blognya :

Sebelum membahas lebih lanjut tentang blog, apa sih sebenarnya blog? Blog itu website yg disediakan oleh blogger atau wordpress, sehingga di nama blog kita diikuti kata blogspot dan wordpress, jika ingin yang mandiri bisa beli domain dengan harga tertentu sesuai kapasitas, masa berlakunya biasanya setahun.

Blog beliau yang dikunjungi hampir dua juta kali dg jumlah posting 4.000 lebih, bisa di lihat  https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/01/01/kaleideskop-blog-pendidik-2019-dikunjungi-1858184-kali-ada-4-051-posting-dan-9-200-komentar/

Sekarang Om Dedi lebih sering menulis blog menggunakan HP dengan aplikasi WP karena HP lebih nikmat, bisa dilakukan sambil menunggu anak keluar bimbel, jemput istri, menunggu ketemu orang, kapan aja tanpa buka” notebook … apalagi di tempat umum, takut kesannya pamer notebook yang bisa mengundang orang ini itu …. mencegah aja sih. Menulis dengan HP lebih mudah karena tak perlu angkat file dr memory card foto” yang diperlukan, langsung angkat dari HP-nya saja.

Ngeblog itu cuma pembiasaan, makin sering kita posting makin mahir deh, pengunjung pasti makin banyak. Ngeblog kapan saja saat moood … biasanya saat menunggu, sambil denger musik di mobil … mood ya kenceng saat itu.

Kalau blog mau dikomentari orang, sering-sering menulis, kunjungi blog orang dan sering-sering komentar blog org lain … ada etika dalam dunia blogger, kita harus komentari balik orang yang berkomentar di blog kita … sama saja dengan dunia nyata sebenarnya. Tulisan yg menarik adalah tulisan yg dibuat dari hati, dg niat yg tulus … sering” baca tulisan org lain yg menarik bisa jadi pemicu

Buat guru atau siapa saja, blog itu sangat bagus buat personal branding. Menulis di blog juga merupakan cara untuk meninggalkan jejak untuk anak cucu 😁😁.

Selain mengelola banyak blog, Om Dedi juga mengelola channel Youtube https://www.youtube.com/user/dwitagama, yg subscribernya hampir 1.600, videonya hampur 1.700, silahkan subscribe dan komen jika berkenan. Om Dedi juga membuat essay foto di steller, see https://steller.co/search?order_by=top&q=dwitagama&type=stories steller itu aplikasi spt instagram, bisa gabung foto dan video dalam satu posting, lebih menantang utk kreatif

Saat ide tak ada, tapi mau posting … gimana caranya? …. Om Dedi posting lagu yg sedang di nyanyikan, ini contohnya https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/01/17/nyanyi-haters-nya-kotak-kuuuy/ , menjelang pulang sekolah Om Dedi jumpai murid yg berlatih tari, Om Dedi dokumentasikan dan jadi bahan posting, see https://dedidwitagama.wordpress.com/2019/12/13/pendidikan-karakter-kerja-keras-kerja-sama-berprestasi-orientasi-masa-depan-dan-mencintai-budaya-di-smkn-50-jakarta/

Ada beberapa blog yang biasa diikuti oleh Om Dedi

  1. Blog gratisan milik dosen ITB yg S3 di New Zealand langganan saya https://rahard.wordpress.com/
  2. Blog berbayar milik blogger yg wartawan tempo https://ndorokakung.com/, silahkan bandingkan
  3. Pak Dahlan Iskan, rutin menulis di blognya https://www.disway.id/

Keuntungan yang didapatkan dari blog Om Dedi, sering” tulis review hotel, pasang nomor kontak di blog anda, jangan terkejut dapat undangan dan tiket plus penginapan gratis di hotel yg butuh review anda, slamat manikmati … bisa second honeymooon.

Mantaaaap … kalo dihitung itu sekian jeti nilainya … tapi bahagianya tak ternilai, ini contoh benefit jadi blogger …. ayo man teman semangat ngeblog … supaya hp nya ga cuma buat gibah.

Happy Blogging.



Best Regards,
Yunida Prawira Widodo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s