Omjaylabs’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Awasi KPU, Pilpres Putaran kedua akan Terjadi!

Di tengah-tengah panasnya suasana politik kita, dan ditambah lagi dengan adanya  ledakan bom di mega kuningan Jakarta serta batalnya tim MU datang ke Indonesia, apa yang sekarang sedang kamu pikirkan wahai saudaraku tentang bangsa ini?. Akankah musibah ledakan bom akan terus terjadi? Apakah ada yang salah dalam diri kita, sehingga Tuhan memberikan berbagai ujian berat? Ataukah mungkin ada yang salah dalam penyelenggaraan pilpres kita yang mungkin belum sampai kepada jujur dan adil? Segudang tanya tak terjawab kalau kita hanya bisa saling tuding dan tidak bersatu memecahkan persoalan bangsa ini.


HARI Kamis kemarin (16/7), kita semua dibuat tercengang oleh sebuah berita dari sebuah Koran terbitan ibukota. Berita itu menyebutkan bahwa di balik didepaknya International Foudation for Electoral Systems (IFES) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), sejak Jum’at (10/7) karena lembaga internasional tersebut mengungkapkan fakta. Bahwa kemenangan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono tidak sebesar yang dilansir sejumlah lembaga survei nasional. Namun, pasangan incumbent itu hanya mendapatkan sekitar 47, 32 persen suara. Saya tidak tahu, berita ini benar atau tidak. Sebab saya bukanlah wartawan yang selalu cek and recek berita. Tetapi bila berita ini ternyata benar, maka saya mengajak anda semua untuk Awasi KPU, dan kita akan melihat Pipres putaran Kedua akan terjadi!. Mungkin anda akan mentertawakan saya, karena pilpres putaran kedua seperti mimpi di siang bolong. Oleh karena itu, awasi suara pipres yang masuk. Jangan sampai ada suara yang bocor, atau ada suara siluman seperti yang terjadi di Jawa Timur.

Jika benar apa yang diungkap oleh IFES tersebut, maka Pemilu Presiden (Pilpres) itu harus dilanjutkan sampai kepada putaran kedua. Karena berdasarkan Undang-Undang (UU) No 42 tahun 2008 tentang Pemilu Presiden menyebutkan, bahwa Pilpres putaran kedua akan dilaksanakan, jika tidak ada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang mendapatkan suara 50 persen lebih. Disamping itu, pasangan bersangkutan juga harus mendapatkan suara minimal 20 persen dari sedikitnya separo lebih jumlah provinsi yang ada di Indonesia.

Selengkapnya dalam berita itu menyebutkan, dalam Pilpres 8 Juli 2008, pasangan SBY-Boediono mendapatkan 47, 32 persen. Disusul pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto yang mendapatkan suara sekitar 32, 15 persen dan pasangan HM Jusuf Kalla (JK)-Wiranto (Win) memperoleh suara sekitar 20, 53 persen. Pertanyaan dan persoalannya adalah apakah data yang didapat IFES tersebut akan dipakai KPU sebagai acuan atau tidak? Dan benarkah didepaknya IFES dari KPU karena persoalan tersebut? Mari sama-sama kita cari tahu, siapa tahu berita ini tidak benar dan hanya memancing ikan di air keruh. Berhati-hatilah wahai saudaraku.

Semuanya memang masih abu-abu, alias untuk menjawab semua persoalan tersebut kita setidaknya harus mengetahui lebih banyak tentang masalah itu. Sementara sampai sejauh ini, secara resmi IFES belum memberikan tanggapan atau pun sanggahan tentang rumor yang menyebabkan mereka didepak dari KPU. Pihak KPU pun sepertinya tidak berusaha menjelaskan lebih rinci mengenai masalah tersebut. Bahkan rumor yang dihembuskan sebaliknya, bahwa IFES didepak dari KPU karena desakan sejumlah pihak berkait status asing lembaga tersebut.

Dengan simpang-siurnya rumor dan saling berbantahan satu sama lain, publik pun semakin dibuat bingung tentang siapa yang harus dipercaya berkaitan dengan hasil Pilpres 8 Juli 2009. Jika kita mempercayai lembaga survei nasional, berarti kita harus meyakini bahwa pasangan SBY-Boediono memenangkan Pilpres dengan raihan suara lebih 60 persen. Dengan begitu Pilpres menurut aturan yang berlaku hanya berlangsung satu kali putaran saja. Sebaliknya, jika kita lebih yakin dengan informasi yang kabarnya berasal dari IFES, maka Pilpres harus dilanjutkan sampai putaran kedua. Bagaimana menurut anda?

NB: Sebagian isi tulisan ini saya dapatkan juga dari milis yang saya ikuti.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Iklan

Juli 18, 2009 - Posted by | Uncategorized | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: