Hebatnya Anas Urbaningrum

Di balik nama-nama tim capres yang hebat itu, ada salah satu nama dari tim sukses Capres SBY yang begitu mempesona. Beliau sangat bersahaja dan tak pernah terlihat emosional ketika diundang berbicara oleh stasiun televisi manapun. Penampilannya sangat bersahaja, tenang dalam menjawab setiap pertanyaan, dan membuat orang terpukau memandang beliau. Siapakah dia?

Beliaulah yang bernama Anas Urbaningrum. Pada tahun 2004, beliau adalah salah satu anggota KPU di republik ini. Beliau juga mantan ketua HMI yang sangat disegani oleh teman-temannya di HMI. Kecerdasannya, Keluasan berpikirnya, dan kesantunannya dalam bertutur kata membuat pak SBY tertarik dan mengajaknya untuk bergabung di partai Demokrat.

Berbeda dengan para kader demokrat lainnya. Pak Anas Urbaningrum sangat menjaga perasaan orang lain ketika berbicara. Beberapa kali saya menonton di televisi dan mendengarkan pak Anas berbicara, membuat saya sangat terpesona dan berharap beliau akan menjadi tokoh penting negeri ini kelak. Kalau saja di dalam tubuh partai demokrat banyak orang seperti beliau, saya yakin partai demokrat akan lebih besar lagi dari sekarang.

Namun sangat disayangkan, kesantunan, kebersahajaan, dan kecerdasan pak Anas Urbaningrum tidak diimbangi dengan teman-teman tim sukses SBY lainnya. Pernyataan pak Andi Malaranggeng yang melukai sebagian hati rakyat di Makasar bahkan di seluruh nusantara karena bernuansa SARA membuat banyak orang kurang bersimpatik pada tim sukses SBY. Hal inilah yang membuat kantong suara pak SBY menjadi turun. Elektabilitas pak SBY semakin turun saja. Hal ini dapat dibuktikan dari pernyataan rakyat banyak yang saya tanyakan. Juga dari berbagai survei yang saya baca di koran ternama negeri ini.

Seandainya saja pak SBY memiliki tim sukses seperti hebatnya Pak Anas Urbaningrum, tentu pak SBY akan menang telak dan banyak rakyat akan bersimpati kepada pak SBY. Barusan saja saya menyaksikan di salah satu televisi, bagaimana pak Anas menjawab semua hal tentang DPT yang kisruh dengan sangat baik. Beliau tidak menyalahkan, tetapi beliau berusaha memberikan solusi dan mengatakan bahwa tim SBY juga akan berusaha untuk melaksanakan pemilu secara LUBER (Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia), dan JURDIL (Jujur dan Adil). Pak SBY tak ingin pemilu ini di nodai oleh hal-hal yang berbau kecurangan. Apalagi berbau fitnah. Oleh karena itu, sebagai orang yang sangat berpengalaman di KPU, Pak Anas Urbaningrum tahu persis permasalahan yang terjadi di lapangan. Pak Anas sangat tahu bagaimana agar DPT benar-benar valid, dan tidak merugikan hak-hak rakyat.

Hebatnya pak Anas Urbaningrum, mungkinkah akan hilang karismanya oleh pernyataan tim sukses SBY lainnya, seperti pak Andi Malaranggeng, Rizal Malaranggeng, dan Ruhut Sitompul? Hanya anda para pembaca yang dapat menilainya. Bagi saya pak Anas Urbaningrum tetap mempesona, walaupun kita berada di dalam kubu yang berbeda.

Bagi saya pasangan JK-Win lebih bisa mengatasi persoalan bangsa ketimbang pasangan SBY-Budiono. Misi dan visi JK-WIn lebih mengena di hati rakyat. Walaupun secara jujur saya harus katakan, bahwa di atas kertas pendukung SBY-Budiono jauh lebih banyak daripada pendukung JK-WIN. Tetapi pemilihan presiden berbeda dengan pemilihan legislatif. Masih ingat ketika pak SBY menang di tahun 2004? Partai demokrat hanya memperoleh suara kecil, tetapi justru yang kecil inilah yang membuat hati rakyat terpesona. Sehingga rakyat berbondong-bondong memilih pak SBY ketimbang ibu Megawati, dan Pak Wiranto.

Anas Urbaningrum memang politisi hebat. Setujukah anda dengan tulisan saya ini? Bila anda berseberangan, berilah komentar dengan bahasa yang santun, karena kesantunan akan melambangkan kearifan dan kecerdasan anda dalam berpendapat. Ketika pendapat kita berbeda, tulislah pendapat anda dengan baik, dan jangan lupa mencantumkan nama asli anda, dan jangan jadi blogger yang banci. Jadilah blogger kesatria dengan mencantumkan nama asli anda.

Salam Blogger Kompasiana

Omjay

https://omjaylabs.wordpress.com

Iklan

2 thoughts on “Hebatnya Anas Urbaningrum

  1. Yups, Saya setuju & sangat disayangkan bila berada dalam lingkaran Timses SBY yg “memusingkan”, coba yah seandainya di tim laen….
    Tapi Allah Maha Adil kok ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s