Omjaylabs’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Ketika Dunia Maya Mengalahkan Dunia Nyata

Pernahkah anda merasa jengkel ketika hari ini internet di rumh anda mati atau tak ada satu pun warnet yang bisa anda kunjungi untuk online d dunia maya? Atau pernahkah anda merasa bahwa dunia maya telah mengalahkan dunia nyata anda? Duduk berjam-jam di depan laptop atau komputer PC anda tanpa mau perduli  dengan situasi yang ada di sekeliling anda? Bila anda sudah seperti itu, hal itu tandanya adalah anda telah hidup dalam belantara dunia maya.

Kemajuan teknologi memang telah menggeser pola hidup manusia. Dulu orang bila ingin berteman, harus gaul pergi ke sana kemari, berkunjung ke rumah teman dan lain sebagainya. Sekarang ini , dengan adanya facebook misalnya, kita tak perlu pusing lagi mencari teman. Situs ini akan membawa anda untuk bergabung dengan  teman-teman dunia maya dari seluruh dunia.

Agar dunia maya tak mengunci anda, anda harus dapat memanfaatkan dan membagi waktu dengan baik. Artinya kapan saatnya ngeblog, chatting, browsing atau surfing di internet harus diatur sehingga dunia maya tak mengalahkan dunia nyata.

Dunia maya adalah surganya orang belajar bagi mereka yang memanfatakannya dengan baik. tetapi bila anda tak mampu mengarahkannya kepada kebaikan, maka dunia maya akan mencengkram anda sekaligus membuat anda menjadi makhluk cyberspace yang keberadaan anda hanya dikenal di dunia maya itu.

Ketika dunia maya telah mengalahkan dunia nyata dalam kehidupan keseharian anda, maka anda perlu instropeksi sejenak, melihat kanan kiri, lalu berkata pada diri anda sendiri. Sebenarnya saya ini sedang hidup di mana ya?

Sebagai makluk sosial kita wajib bergaul juga dengan makluk dunia nyata. Seperti para blogger kompasiana, walaupun sudah sering bertemu di dunia maya, masih pengen terus ketemu di dunia nyata. Apalagi bila ada undangan kopi darat, pasti deh mareka akan datang. Itulah bedanya blogger sehat dengan blogger sakit. Blogger sehat akan dapat membagi waktunya, kapan harus berkumpul di dunia maya, dan kapan harus berinteraksi dalam dunia nyata.

Dunia maya memang tak secantik ‘luna maya’. Apagi tak sedahsyat acara salah satu stasiun televisi. Dunia maya adalah hanya alat yang membantu kerja manusia agar kita dapat saling bertemu dalam belahan benua manapun. Alangkah indahnya bila anda bertemu dan saling berinteraksi dengan orang yang anda kenal di dunia maya. jauhnya jarak tak menjadi masalah. Jarak yang harus ditempuh berpuluh-puluh ribu kilometer, dapat dipersingkat dengan hitungan detik dengan adanya dunia maya.

Akhirnya mau tidak mau, suka tidak suka anda pasti akan berhunbungan dengan dunia maya. Masalahnya adalah, jangan sampai dunia maya mengalahkan anda untuk bergaul di dunia nyata.

Tulisan ini adalah Sebuah himbauan yang mengajak anda semua untuk untuk dapat membagi waktu dengan baik dan jadikan hidup anda untuk senantiasa bermanfaat untuk orang lain. Ingatlah 5 K telah menguasai dunia (konvergensi, kontekstual, konektivitas, konten kreatif, dan kolaborasi).

Salam Blogger

Omjay

Iklan

Juni 11, 2009 - Posted by | Uncategorized | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: