Facebook Merajai Dunia

Seharian ini saya pergi ke toko buku Gramedia, matraman Jakarta. Sudah cukup lama juga saya tak pergi ke toko buku ini. Namun, yang membuat saya berdecak kagum bukan suasana toko buku yang indah dan megah, Melainkan sederetan buku-buku yang isinya tentang facebook. Saya hitung-hitung lebih dari sepuluh judul buku tentang facebook. Cukup lama juga saya mencari dan membaca satu persatu daftar isi buku-buku itu dan akhirnya terpilihlah dua buah buku tentang facebook.


Facebook adalah situs yang sangat populer. Terus terang saya sangat salut dengan penemu facebook. Otak cerdasnya membuat kita merasakan betapa indahnya hidup dengan saling terhubung dalam jarak yang jauh. Facebook memang is the best. Sampai-sampai saya tertarik membeli dua buku tentang facebook yang berjudul Tip & Trik Facebook karangan Agus Wahadyo, dkk, dan yang satunya lagi berjudul Panduan Praktis Mengoptimalkan facebook karangan Dirgayuza Setiawan. Mengapa saya tertarik dengan kedua buku ini? Isinya sangat luar biasa menurut saya. Gaya penulisannya pun benar-benar komunikatif. Cocok banget buat saya yang berprofesi sebagai guru untuk saya tularkan ilmunya kepada anak didik saya.

Facebook memang harus dimanfaatkan dengan baik oleh kita dan anak-anak. Keuntungannya harus lebih banyak daripada kerugiannya. Facebook menurut saya seperti sepucuk senjata. Bila di tangan orang baik akan mendatangkan manfaat, dan bila di tangan orang jahat akan sangat berbahaya. Facebook, bisa juga membuat kita menjadi seolah-olah bunuh diri, bila kita telah kecanduan facebook.

Kenapa banyak orang tertarik dengan facebook? Karena facebook memiliki keunggulan yaitu:

  1. Kita bisa menemukan teman lama, bahkan tean waktu TK sekalipun asalkan dia juga memiliki account di facebook
  2. Kita bisa berbagi foto/video dengan teman dengan cara membuat tag pada foto/video tersebut
  3. Kita bisa memberikan informasi terupdate tentang diri lewat status facebook
  4. Kita bisa memposting dan memberikan komentar atas tulisan, foto, atau video teman
  5. Kita bisa membuat group berdasarkan hobi
  6. Kita bisa memnafaatkannya untuk keperluan bisnis.
  7. Kita bisa melatih kreativitas menulis dengan rajin menulis di menu catatan, lalau tautkan ke blog pribadi kita
  8. Kita bisa chating dari jarak yang berjauhan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Begitu banyak jejaring sosial yang semakin populer di dunia maya alias internet. Tetapi facebook begitu populer. Populernya jejaring facebook ini salah satunya karena mudahnya mencari teman dan saling berbagi tanpa melihat perbedaan waktu, tempat, dan juga budaya. Diawali dengan booming Friendster dan MySpace, lalu populernya Facebook yang langsung disukai karena kesederhanaan layout dan pilihan untuk berkoneksi. Kali ini nampaknya Twitter yang sedang jadi jawara di kalangan para selebritis. Bahkan menurut Wikipedia, Twitter sekarang telah menjadi situs jejaring sosial terbesar ketiga setelah Facebook dan MySpace. Apakah perbedaan dari Facebook dan Twitter?

Twitter adalah sebuah layanan microblogging di mana anggotanya bisa menjawab pertanyaan “Apa yang sedang kamu lakukan?” dengan mengirimkan pesan singkat terbatas hanya sampai 140 karakter.

Format jawaban pendek yang disebut dengan tweet itu menunjukkan karakteristik layanan yang diberikan oleh Twitter yang merupakan keunggulannya dibanding situs lain. Twitter memudahkan disampaikannya informasi singkat dan padat tanpa harus capek-capek mengirim SMS atau e-mail.

Keunggulan lainnya adalah kita bisa berbagi informasi dengan orang-orang lain di luar kontak HP atau e-mail kita. Tentu saja, hal ini bisa membuat lingkaran teman kita lebih banyak, lebih luas, dan kita bisa bergabung ke dalam komunitas orang-orang yang lebih besar dan cepat berkembang.

Menggunakan layanan Twitter pun tampaknya jauh lebih mudah daripada layanan jejaring pertemanan lainnya. Kita bisa mengirimkan pesan singkat kita melalui beberapa cara, bisa melalui situs Twitter secara langsung, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter lainnya seperti Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser Firefox.

Facebook merupakan salah satu layanan jaringan sosial internet yang gratis dimana kita dapat membentuk jaringan dengan mengundang teman kita. Dan dari jaringan yang kita bentuk, kita dapat memperhatikan aktifitas mereka, mengikuti permainan/ join game yang direkomendasikan, menambahkan teman atau jaringan kita berdasarkan organisasi sekolah, daerah domisili kita, dan seterusnya. Bisa dibilang fasilitas untuk berteman dan membina kehidupan sosial benar-benar lengkap.

Saat ini, saking terkenalnya facebook telah merajai dunia. Peringkat facebook hingga sekarang menempati ranking 7 sebagai website paling sibuk di dunia. Selain itu, saya dengar kabar beritanya, facebook dengan tingkat fenomenalnya malah akan difilmkan kisah suksesnya. Mungkin dalam waktu dekat ini.

Facebook saat ini merupakan sebuah situs yang paling sering dipakai oleh masyarakat luas di seluruh dunia. Kepopulerannya bahkan melebihi Friendster atau situs-situs pertemanan lainnya. Facebook tidak hanya digunakan oleh para remaja saja, tapi juga anak-anak dan orang tua. Bahkan bukan hanya itu orang penting Amerika Serikat seperti Barrack Obama menggunakan Facebook untuk berkampanye untuk mendapat suara yang banyak. Facebook memiliki banyak sekali manfaat namun Facebook juga memiliki kekurangan dibawah ini saya akan menguraikan beberapa dampak Facebook

Dampak Negatif:

  • – Kecanduan Facebook
  • – Lupa waktu
  • – Bisa terperangkap dalam kejahatan internet
  • – Berkurangnya perhatian terhadap keluarga
  • – Tergantikanya kehidupan sosial
  • – Tersebarnya data penting yang tidak semestinya
  • – Pornografi
  • – Pemanfaatan untuk kegiatan negatif

Dampak Positif:

  • – Memperluas wawasan
  • – Memperbanyak teman
  • – Sebagai sarana berkomunikasi
  • – Mempererat pertemanan dengan teman satu sekolah, atau teman kuliah
  • – Menjalin silaturahmi yang sudah lama putus dengan teman lama atau kerabat
  • – Sebagai ajang diskusi mengenai berbagai macam hal
  • – Sebagai sarana promosi
  • – Sebagai media dua arah antara masyarakat dan media massa

Melalui join di facebook, ‘dunia’ serasa berada dalam genggaman anda! Bergabunglah di Facebook dan nikmati manfaatnya. Jangan lupa, add ke facebook saya ya…… wijayalabs@yahoo.com.

Salam Blogger

Omjay

Iklan

One thought on “Facebook Merajai Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s